Rabu, 15 Juli 2015

Pengertian Aqiqah / Akikah

Kalau masih bingung dengan apa sih aqiqah / akikah itu ?
Berikut beberapa literatur yang Jasa Aqiqah / Akikah Tangerang yang berhasil kumpulkan :


Akikah (bahasa Arab: عقيقة, transliterasi: Aqiqah) adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai penggadaian (penebus) seorang bayi yang dilahirkan. ( Sumbernya Wikipedia )

Menurut bahasa Aqiqah / Akikah artinya : memotong. Asalnya dinamakan Aqiqah / Akikah, karena dipotongnya leher binatang dengan penyembelihan itu. Ada yang mengatakan bahwa aqiqah / Akikah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong Ada pula yang mengatakan bahwa Aqiqah / Akikah itu asalnya ialah : Rambut yang terdapat pada kepala si bayi ketika ia keluar dari rahim ibu, rambut ini disebut aqiqah / Akikah, karena ia mesti dicukur. ( Sumbernya Syiar Islam )

Secara etimologis (lughawi) aqiqah / akikah adalah memotong (al-qat'u) atau nama untuk rambut pada kepala bayi yang dilahirkan (اسم للشعر على رأس المولود). Menurut terminologi syariah (fiqih) akikah / aqiqah adalah hewan yang disembelih sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah atas lahirnya seorang anak baik laki-laki atau perempuan. Al-Ghazi dalam kitab Fathul Qorib al-Mujib mendefinisikan aqiqah sbb: (الذبيحة عن المولود يوم سابعه) أي يوم سابع ولادته بحسب يوم الولادة من السبع)  Kambing yang disembelih untuk bayi pada hari ketujuh kelahiran. ( Sumbernya KSI Al-Khoirot )

Aqiqah / Akikah  itu berarti memutus dan melubangi, dan ada juga yang mengatakan bahwa akikah / Aqiqah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong, dan dikatakan juga bahwa akikah / Aqiqah merupakan rambut yang dibawa si bayi ketika lahir. Adapun maknanya secara syari’at adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan. Aqiqah / Akikah adalah sembelihan yang disembelih untuk anak yang baru lahir. Pengarang kitab Mukhtar Ash Shihhah mengatakan: " Al-'Aqiqah atau Al-'Iqqah artinya adalah rambut makhluk yang baru dilahirkan, baik manusia atau binatang. Dinamai pula daripadanya binatang yang disembelih untuk anak yang baru lahir pada hari keseminggunya. ( Sumbernya Jadi Pintar.com )

Demikian beberapa tulisan yang kami bisa tampilkan untuk bisa membantu anda lebih memahami definisi dari Aqiqah / Akikah. Kami tentunya tidak dapat menyimpulkan, karena adanya kami hanya penyedia jasa paket aqiqah / akikah di daerah Tangerang yang bukan seorang ahli fiqh.