Rabu, 15 Juli 2015

Manfaat Aqiqah




Sudah barang tentu bahwasanya pada setiap ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT, akan memiliki manfaat dan hikmah yang besar bagi umat manusia. Demikian juga akikah / aqiqah. Beberapa faedah didalam menjalankan syariat Aqiqah / Akikah antara lain :
  1. Merupakan salah satu wujud pengorbanan kepada Allah Swt seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  2. Dengan menjalankan syariat aqiqah / akikah kita mengikuti jejak Nabi Ibrahim ketika mau menyembelih anaknya yaitu Ismail namun diganti dengan kambing / domba.
  3. Secara tidak langsung melalui syariat akikah / aqiqah  kita memberikan berita baik tentang kelahiran anak kepada tetangga sekaligus memberikan informasi tentang nasab anak agar tidak terjadi persangkaan buruk oleh para tetangga. 
  4. Di dalam syariat akikah / aqiqah mengandung unsur perlindungan dari setan yang dapat mengganggu jiwa anak yang terlahir itu, dan ini sesuai dengan makna hadis, yang artinya, "Setiap anak itu tergadai dengan akikahnya."  
  5. Akikah / aqiqah merupakan tebusan bagi anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari akhir, sebagaimana Imam Ahmad mengatakan, "Dia tergadai dari memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan akikahnya).
  6. Ibadah aqiqah / akikah merupakan bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah SWT dengan lahirnya sang anak. Yang pada gilirannya akan membentuk sikap murah hati  dan dermawan yang nantinya akan menghilangkan sikap kikir, bakhil dan pelit.
  7. Dengan melaksanakan syukuran akikah / aqiqah  dapat memperkuat ukhuwah (persaudaraan) di antara masyarakat. Disamping itu  untuk merealisasikan prinsip-prinsip keadilan sosial dan menghapuskan gejala kemiskinan di dalam masyarakat. Misalnya, dengan adanya daging yang dikirim kepada fakir miskin. 
Demikian beberapa faedah dari pelaksanaan ibadah aqiqah yang dapat kami susun dari berbagai sumber. Wallahu 'alam.